Makna Lirik Lagu Indie Nadin Amizah

10 Cara Merawat Baterai Android

Android adalah sebuah kata yang penuh makna, waduh.. alay amat gue. Yah, selamat jumpa lagi kawan Joa! Kali ini Joa akan berbagi tips bagai mana merawat baterai Android. Mungkin sebagian caranya bisa diterapkan diponsel-ponsel selain Android. Biar gampang, gue panggil Andro aja yah!

Jaga temperatur baterai

Terlalu sering digunakan mampu membuat baterai Andro lo panas, gak percaya cobain aja sendiri. Jika lo mampu tiup tuh baterai hingga dingin terus sih gak masalah, keterbatasan manusia itu lah yang bikin lo harus gak sering-sering gunain Andro lo. Baterai yang panas mampu mengurangi daya tahan baterai dan memperpendek umur baterai. Kasihan tuh baterai, punya hati dong!

Atur brightness (pencahayaan)

Cahaya default dari bawaan ponsel masih tergolong terlalu terang. Cahaya yang terlalu terang mampu membuat Andro lo cepat panas, masih gak percaya ? cobain lagi aja. Mengurangi pencahayaan mampu sedikit merawat baterai Andro lo. Selain merawat baterai, pengurangan cahaya juga mampu merawat mata lo. Lumayan tambah ilmu.

Gunakan aplikasi yang bersangkutan

Beberapa aplikasi ternyata mampu sedikit menahan kecepatan habis daya baterai Andro berkurang. Aplikasi yang gue maksud di sini adalah seperti Du Battery Sarver v3.9.5. Gue punya yang udah pro nih, jadi udah maximal kerjanya. Syarat utamanya agar aplikasi ini dapat berjalan lancar adalah Andro lo harus sudah dalam keadaan Root. Lo bisa download aplikasinya di google play, tapi yang pro harus bayar. Kalau mau yang gratis, lo bisa download di sini atau di sini.

Jangan charger ketika baterai masih panas

Kalau mau ngecaz Andro, jangan buru-buru langsung dicaz sob. Tungguin dulu biar Andronya siap dan dingin. Seperti halnya makan, kalau sewaktu panas-panasnya, apakah lo mau langsung makan tuh makanan ? pasti nungguin biar agak dingin biar gampang masuk mulutnya kan ?

Hindari low bat

Jangan sampai batre lo menginjak 0% dan mati sendiri, minimal 1% dan lo matiin sendiri. Kalau mati sendiri kan serem, hii...

Tutup aplikasi yang sudah tidak dipakai

Saat lo bermain game, mungkin aplikasi chat seperti Facebook, tweteer, Line, Patch dll masih terbuka. Usahakan keluar terleih dahulu sebelum membuka aplikasi lain karena hal ini mampu menguras daya baterai lebih cepat.

Gunakan media penghubung seperlunya

Media penghubung itu contohnya wifi, bluetoth, data dan GPS. Jikalau gak digunain mending dimatikan aja, kan lumayan bisa buat hp lo hidup lebih lama.

Nonaktifkan fitur getar

Tanda getar memang sangat berfungsi apabila ponsel kita dimode silent. Namun, jika ponsel sudah dimode umum lebih baik fitur getar ini ni nonaktifkan, karena lumayan menguras daya Andro.

Jangan gunakan wallpaper animasi

Emang keren sih jika wallpaper kita bisa gerak-gerak sendiri, tapi tanpa disadari ternyata mampu menguras daya baterai kita secara berkala. Pajang gambar yang diam aja kan malah lebih nyaman liatnya, apalagi pajang foto pacar. Waaahhh....

Jangan gunakan ketika charging

Ini nih yang paling bahaya, berjalan sambil makan. Kan gak baik buat kesehatan ? Biarkanlah Andro lo istirahat sejenak dan makan dengan santai tanpa tanggungan. Seperti halnya saat lo ngecaz pake powerbank dan lo pakai tuh andro lo buat chatingan, gak boleh tuh sob. Pasti logika lo udah dapat bayangin bagaimana jika hal ini di lakukan. Gue percaya kok kalau lo itu cerdas, haha.


Walaupun baterai bukan makhluk hidup, baterai juga butuh kasih sayang sob. Sayangi baterai lo seperti halnya lo menyayangi pacar lo. Eh bukan karena apa-apa loh yha, tapi emang lo mau sering-sering buang uang buat beli baterai baru ? mending ditabung buat ngenaikin haji ibu lo. Disini gue bukan untuk menggurui, tapi hanyalah ingin berbagi. Semoga apa yang gue sampaikan barusan dapat nambah wawasan lo dan menjadikan lo lumayan hemat :D
Previous
Next Post »
Terimakasih atas kunjungannya, Salam #SobatJoa!