Makna Lirik Lagu Indie Nadin Amizah

5 Cara Mengatasi Bau Mulut Ketika Berpuasa

Mulut lo bau saat berpuasa ? Lo malu sama temen-temen lo ? bau mulut lo terjadi saat bakteri yang ada di dalam mulut lo berkembang pesat. Bakteri tersebut, disebabkan karena saat lo berpuasa gak ada makanan maupun minuman yang masuk kedalam mulut lo sehingga membuat mulut lo kekurangan cairan ludah atau saliva, sehingga berimbas kekeringan. Wow, seperti tanah tandus sob. Ini sob yang bikin bakteri berkembang pesat. Santai aja, disini Joa akan sedikit membantu mengatasi masalah lo. Semoga bermanfaat yah sob, mari kita simak bersama-sama.
Cara ampuh yang pertama adalah dengan menggosok gigi. Tapi, dikarenakan menggosok gigi saat sedang berpuasa dianggap makhrukh (karena bisa aja tuh pasta gigi lo telen, kan manis), menggosok gigilah setelah sahur dan setelah berbuka puasa. Untuk hasil maximalnya, lo bisa juga gunakan mouthwash. Tapi gunain 2 kali dalam seminggu aja, karena jika keseringan menggunakan mouthwash mengakibatkan mulut menjadi kering.
Minum air putih adalah hal yang paling utama sob, selain baik untuk kesehatan, air putih juga mampu menjadi pemicu kekuatan agar tubuh lo gak kekurangan cairan ketika berpuasa. Untuk kebaikan, setidaknya lo harus meminum 8 gelas perhari. Rumus minum air putih ini menggunakan formasi 2+4+2, dua disaat berbuka, empat saat malam harinya atau sebelum tidur, dan dua ketika sahurnya. Jangan kebanyakan minum ketika sahur, karena gue pernah nyoba minum 8 gelas sekaligus dan akhirnya gue muntah dan kembung, sholat Shubuhnya hilang.
Siapa yang gak suka buah-buahan dan sayur-sayuran ?  kalau gue mah kaga suka, kalau sedikit :D. Rajinlah mengonsumsi buah dan sayuran, karena mampu meningkatkan produksi air liur di dalam mulut sehingga mempu mengurangi bau mulut lo. Mengonsumsinya baik sahur maupun berbuka gak masalah, yang masalah adalah ketika mengonsumsinya di siang hari.
Merokok juga menyebabkan bau mulut, apalagi alkohol. Bagi anak muda yang gak mau kulitnya keriput cepat gak usah deket-deketin itu dah, kalau yang udah terlanjur jikalau bisa kurangilah, dan amat jauh lebih baik jikalau bisa berhentilah.
Menghindari makanan yang berbau menyengat, seperti bawang, pete maupun jengkol. Jika gak bisa menghindarinya, bersegeralah menggosok gigi agar terhindar dari bau mulut yang bandel. Jika masih gak bisa, cobalah mengunyah beras. Mengunyah beras merupakan cara alami yang mampu menghilangkan bau mulut, tapi jangan beras plastik.
Mungkin baru itu doang postingan kali ini. Lima cara mengatasi bau mulut di atas, semoga dapat menambah wawasan lo dan mengurangi bau mulut lo. Janganlah malu berpuasa, ingat, bau mulut lo akan diganti menjadi bau parfum di surga kelak. Aamiin.

Salam #SobatJoa
Previous
Next Post »
Terimakasih atas kunjungannya, Salam #SobatJoa!