Makna Lirik Lagu Indie Nadin Amizah

Manfaat Tersembunyi dari Membaca

              Membaca merupakan suatu kegiatan yang kerap dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Mengisi waktu luang dengan membaca memang sangat menyenangkan, apa lagi jika membaca bacaan yang paling disukai. Tanpa disadari, ternyata membaca mempunyai manfaat yang cukup banyak. Beberapa manfaat dari membaca  akan dibahas pada ulasan berikut ini, mari kita simak.
            Otak merupakan bagian terpenting dari manusia, yang terletak di bagian dalam kepala. Tempat berfikir, pengatur konsentrasi dan pengatur gerak tubuh adalah sebagian kecil dari fungsi otak. Ketika membaca, tanpa disadari ternyata dapat melatih perkembangan otak yang tidak diperoleh dari menonton televisi maupun mendengarkan musik. Membaca mampu melatih otak untuk menafsirkan gambaran dari bacaan ke dalam imajinasi, sehingga otak terlatih untuk berkembang.
            Pemahaman manusia berbeda-beda pada setiap individu, namun pada dasarnya semua manusia berhak mendapatkan pemahaman yang maksimal. Membaca merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan pemahaman, dimana dari yang sebelumnya tidak paham menjadi paham setelah membaca.
            Membaca merupakan salah satu sarana untuk membuka cakrawala dunia. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan adalah salah satu manfaat membaca, dimana yang semulanya tidak tahu akan menjadi tahu setelah membaca. Setelah mengetahui sesuatu hal, maka akan menambah kepercayan diri bagi setiap manusia dalam menghadapi hidup.
            Berbicara adalah kegiatan yang lumrah dan sering dilakukan hampir seluruh manusia di dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa berbicara, kehidupan sehari-hari serasa penuh dengan kehampaan dan kebosanan. Ketika membaca, tanpa disadari ternyata dapat mendukung kemampuan berbicara seseorang di depan umum. Terbatasnya jangkauan diri terhadap peristiwa-peristiwa di dunia, ternyata dapat terjangkau dengan cara membaca. Selain mendapatkan informasi, membaca juga dapat meningkatkan pola pikir, kreativitas dan kemampuan verbal, karena membaca akan memperkaya kosa kata dan kekuatan kata-kata.
            Konsentrasi setiap manusia dapat dimaksimalkan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan membaca. Ketika membaca, seseorang akan membuat otak berkonsentrasi dan fokus terhadap bacaaan. Konsentrasi ini dapat juga mengembangkan keterampilan objektivitas dan pengambilan keputusan. Jika sering membaca dengan konsentrasi, pasti akan melatih otak untuk memaksimalkan tingkat konsentrasi setiap manusia.
            Penyakit Alzheimer bukanlah penyakit yang menular, melainkan penyakit yang berasal dari setiap manusia itu sediri. Otak tampak mengkerut dan mengecil, sehingga berdampak demensia (pikun) yang menahun, terus berlanjut dan tidak akan kembali seperti semula lagi. Resiko penyakit ini ternyata dapat dicegah dengan cara membaca. Ketika membaca, otak akan di rangsang dan stimulasi yang teratur dapat membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer. Penelitian telah membuktikan, bahwa latihan otak seperti membaca buku atau majalah, bermain teka-teki silang maupun Sudoku dapat menunda atau mencegah kehilangan memori pada otak. Kegiatan tersebut mampu merangsang sel-sel otak dapat terhubung dan tumbuh.


            Membaca memang salah satu hal yang wajib untuk dikuasai dan dilakukan. Apabila tidak dilakukan, maka akan mempengaruhi kehidupan seseorang di masa yang akan datang. Itulah beberapa manfaat yang tersembunyi di dalam kegiatan membaca. Semoga dapat menambah wawasan dan memotivasi untuk tidak malas melakukan kegiatan membaca.
Previous
Next Post »
Terimakasih atas kunjungannya, Salam #SobatJoa!