Makna Lirik Lagu Indie Nadin Amizah

5 Cara Sehat Ketika Berpuasa

                Selain mendapatkan pahala, berpuasa juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun, seseorang yang berpuasa sering kali melupakan hal-hal penting yang seharusnya menjadi sorotan ketika sedang berpuasa. Tips-tips yang penting akan Joa rekomendasikan sebagai berikut, mari kita simak.
                Pertama yang dilakukan ketika berpuasa adalah sahur. Walaupun sahur itu sunah, namun melakukan sahur tidak ada salahnya dan malah jauh lebih baik agar ketika di siang harinya dapat menjalankan aktivitas seperti biasanya dengan lancar. Ketika sahur, janganlah melupakan makanan yang disebut “kabohidrat kompleks” atau makanan yang lambat dicerna oleh tubuh. Sehingga bisa mengurangi rasa lapar ketika di siang hari. Kabohidrat kompleks bisa ditemukan di dalam beras, kacang-kacangan maupun gandum. Selain itu, sayur dan buah-buahan juga sangat dianjurkan karena dapat menambah produksi air liur yang mampu mengurangi bau mulut. Kamu bisa baca tentang bagaimana caranya menghilangkan bau mulut ketika berpuasa, dengan klik di sini.
                Kedua adalah menghindari makanan Fast Food. Hindarilah makanan cepat saji dan gorengan karena mampu menyebabkan gangguan pencernaan, seperti nyeri di ulu hati dan masalah berat badan. Gak mau gemuk kan ? untuk tips agar mengurangi berat badan akan Joa sampaikan setelah ini, tungguin aja ;)
                Ketiga adalah meminum air yang cukup. Saran yang terbaik adalah air putih, karena air yang paling mudah dicerna tubuh adalah air putih. Mengonsumsinya ketika sahur, berbuka maupun menjelang tidur. Mengonsumsi air yang cukup akan menghindari dehidrasi dan untuk detoksifikasi sistem pencernaan ketika berpuasa.
                Keempat adalah berolahraga. Olahraga merupakan kegiatan fisik yang mampu menjaga berat badan dan berfungsi membantu memperlancar peredaran darah dan menjaga kebugaran tubuh kamu. Namun jangan melakukan kegiatan olahraga yang berat-berat juga, seperti sepak bola di lapangan luas selama empat babak berturut-turut, lari maraton 100000 Km tanpa henti, maupun menyelam di laut atau kolam renang tanpa alat bantu selama 30 menit. Karena kegiatan tersebut bisa saja mengancam nyawa anda. Olahraga yang disarankan adalah seperti perenggangan dan berjalan kaki.
                Kelima adalah berbuka, yang masih menjadi tujuan utama para kamu-kamu semua ketika berpuasa (Ya iya lah!). Untuk menu berbuka, makanlah makanan yang mengandung glukosa. Setelah menahan lapar dan dahaga setengah hari, tentunya energi kita terkuras bukan ? untuk mengembalikan stamina, makanlah kabohidrat sederhana yang terdapat di dalam makanan manis. Makanan yang mengandung gula akan mengembalikan stamina kita secara instant yang terkuras ketika berpuasa. Tapi jangan memakan gula satu Kg, apalagi yang mengindap penyakit diabetes, karena dapat mengancam nyawamu. Saran terbaik untuk berbuka puasa adalah Kurma. Selain sunah Rasulullah SAW, kurma juga mengandung gula, serat, kabohidrat dan magnesium.
                Bagaimana ? apakah mampu menambah semangat kalian dalam menjaga kesehatan ketika berpuasa ? semoga postingan kali ini bermanfaat bagi kamu dan mampu menambah semangatmu saat menjalankan ibadah berpuasa. Tinggalkan komentar jika ada pertanyaan, jika bisa pasti akan Joa jawab. Trimakasih atas kunjungannya sobat ;)

                Salam #SobatJoa
Previous
Next Post »
Terimakasih atas kunjungannya, Salam #SobatJoa!