Makna Lirik Lagu Indie Nadin Amizah

Cerpen Joa : Puasa Joa Sewaktu Kecil




   Ini cerita ketika gue masih umur 12 tahun, masih SD kayaknya. Saat itu gue lagi ada dibulan Raadhan, puasa-puasa gitu deh. Saat hari pertama ramadhan dan hari pertama gue ngejalanin puasa. Sahur sih semangat, habis sholat Shubuh ngaji, haha, belagu gue. Hari pertama puasa saat itu libur, dan gue paling seneng ama yang namanya LIBUR. Saking senengnya libur, terkadang gue suka bolos sekolah saat hari minggu.

   Hari pertama puasa, ketika adzan Dzuhur gue sahur lagi. Maklum anak kecil, kalau udah gedhe gini mah gue puasanya ampe Isya'. Liat temen-temen pada makan mie instant yang kaga direbus (dimakan mentah-mentah, saat itu lagi trend di daerah gue, enak juga sih), gue masih kebal, kaga pingin sama sekali. Akhirnya adzan Maghrib berkumandang, gue lemes banget tuh, gue buka dengan lahap dan merasakan kemenangan. setelah seharian menahan lapar (walau siang makan), gue akhirnya bisa makan dengan sendok. (apaan sih ?!).

   Hari kedua tiba, gue kembali sahur dengan semangat yang agak berkurang karena ngantuk minta ampun. Maklum, semalamnya gue tadarusan di masjid. Habis sholat shubuh gue  tidur lagi karena ngantuk, dan bangun pukul sembilan WIB. Santai saja, saat itu gue masih libur, liburnya tiga hari soalnya. Seperti biasa, Dzuhur gue sahur lagi biar kuat. Tapi karena saat Dzuhur gue cuma makan sedikit, adzan Asyar gue sahur kembali. Keren kan ? Jangan ditiru yah, khusus profesional.

   Hari ketiga nih yang keren, gue masih inget sedikit. Percakapannya kek gini.

   "Jo ? Main bola yuks ?" ajak Icang, temen gue yang gembul seperti boneka India.
   "Aku lagi syam Cang," ucap gue dengan nada pak Ustadz.
   "Wah, padahal kurang satu anak lagi nih, ya sudah lah," ucap Icang berlagak galau. Gue sebenernya tau tuh, gue diajak main bola cuma buat genapin tim karena kurang pemain.
   "Ya udah lah Cang, gue ganti seragam dulu ya," sahut gue karena merasa iba.
   "Gak usah, lo gini aja udah keren kok Jo!" jawab Icang dengan semangat, karena usahanya merayu gue berhasil.
   "Eh tapi,," ucap gue belum selesai.
   "Udah, ayoo.." sambil menarik tangan gue, kek difilm-film India gitu tuh.

   Padahal gue belom sahur siang, akhirnya gue pingsan di lapangan dengan keringat yang menghujam deras. Karena begitu deras, sampai-sampai ada yang masuk ke dalam mulut. Produksi garam pada tubuh gue kan meningkat tuh, akhrnya gue gak jadi pingsan dan semangat lagi. Pulang dari bermain bola, baru masuk pintu utama rumah akhirnya gue pingsan beneran.

   Hari-hari selanjutnya juga sebenernya seru sih, tapi gue udah lupa. Kapan-kapan gue ceritain deh. Gue mau ritual di belakang rumah dulu(Wc) biar ingatan gue kembali lagi dengan sempurna. Sabar ya kawan. ;)
Previous
Next Post »
Terimakasih atas kunjungannya, Salam #SobatJoa!