Makna Lirik Lagu Indie Nadin Amizah

Makna Sebenarnya dari Lagu Payung Teduh - Mari Bercerita


Hai, jumpa lagi nih ama Mimin untuk membahas sebuah lagu yang maknanya bikin penasaran karena enak banget untuk di dengar atau di nyanyiin. Menanggapi permintaan dari salah satu Sobatjoa kemarin, langsung saja deh mimin coba analisis lagu dari Bang Is yang sempat dimasukkan dalam album Ruang Tunggu Payung Teduh, yang berjudul Mari Bercerita. Mari kita bercerita tentang makna dari lagu ini. :D

Pada analisis untuk mencari makna atau maksud yang tersirat di dalam lagu ini, Mimin punya dua makna di dalam lagu ini yang sangat seru untuk kalian ketahui. Makna yang pertama mengenai percintaan dan makna yang kedua adalah makna religius. Sebelum kita mulai analisis, lebih baik kita simak dulu yah liriknya! :D







Seperti yang biasa kau lakukan
Di tengah perbincangan kita
Tiba-tiba kau terdiam
Sementara ku sibuk menerka
Apa yang ada di pikiranmu

Huhu.. Huhu..
Sesungguhnya berbicara dengan mu
Tentang segala hal yang bukan tentang kita
Mungkin tentang ikan paus di laut
Atau mungkin tentang bunga padi di sawah

Sungguh bicara denganmu
Tentang segala hal
Yang bukan tentang kita
Selalu bisa
Membuat semua lebih bersahaja

Reff:
Malam jangan berlalu
Jangan datang dulu terang
Telah lama ku tunggu
Kuingin berdua denganmu

Biar pagi datang setelah aku memanggil
Terang..

Aihh. pencuri kau
Terang..




========


Liriknya unch banget kan? Bikin meleleh yang dengerin, apalagi jika lagunya dinyanyiin di depannya si Doi, pasti dia langsung mencair bagai es batu yang terkena sinar mentari. Unccchh...

Okey, maaf jika di bait sebelumnya sangat alay, Maafkan mimin ya, mimin hilaf. Sekarang kembali fokus pada analisis lirik. Udah gak sabar kan? Yuk langsung kita analisis dari bait pertama!

Seperti yang biasa kau lakukan
Di tengah perbincangan kita
Tiba-tiba kau terdiam
Sementara ku sibuk menerka
Apa yang ada di pikiranmu

Di sini menceritakan sebuah kebiasaan yang sering dilakukan saat pertemuan tiba atau bisa dikata saat kencan. Kebiasaan tersebut adalah terdiam tanpa alasan. Hal tersebut lantas membuat yang satunya bingung. Memikirkan apa yang membuatnya terdiam, apakah salah bicara? Apa dia mash mengingat kesalahan yang pernah ku perbuat? Apakah ada tagihan yang belum dia bayar? Dan berbagai macam alasan lainnya.

Huhu.. Huhu..

Ini bermaksud menyoraki seseorang yang terdiam tanpa alasan tadi. Haha, maaf bercanda. Ini hanyalah improvisasi dalam bernyanyi agar sebuah lagu dapat terdengar merdu. Okey deh, lanjut ke bait selanjutnya!

Sesungguhnya berbicara dengan mu
Tentang segala hal yang bukan tentang kita
Mungkin tentang ikan paus di laut
Atau mungkin tentang bunga padi di sawah

Ngobrol dengan orang lain memang menyenangkan, jika yang di obrolkan tidak hanya seputar itu-itu saja. Hal ini dimaksudkan kedalam bait ini, yaitu menceritakan tentang betapa asyiknya membincangkan sesuatu yang tidak penting. Seperti bercanda, semisal memikirkan di mana letak ketiak ikan paus. Hal ini sangat berpengaruh terhadap komunikasi di dalam suatu hubungan. Hubungan yang serius itu tidak selalu berbicara dengan serius.



Sungguh bicara denganmu
Tentang segala hal
Yang bukan tentang kita
Selalu bisa
Membuat semua lebih bersahaja

Pada bait ini menegaskan kembali bahwa berbicara dengan seseorang yang dimaksudnya itu sangatlah mengasikkan. Terpusat dari obrolan yang lepas dari di antara keduanya. Jadi tidak membahas suatu hubungan yang sedang mereka alami.

Hmm… Sepertinya ada yang tidak beres di sini. Lawan dari asik adalah bosan, berarti jika membahas tentang kita (suatu masalah di dalam hubungan mereka yang dimaksud di dalam lagu) adalah sesuatu hal yang menjengkelkan. Mungkin mereka selalu bermasalah ketika membahas tentang hubungan. Mungkin loh ya, paling di antara mereka masing-masingnya saling keras kepala jika membahas tentang apa yang terjadi di antara mereka. Yah, bias di kata mereka memiliki masalah di dalam hubungan yang belum bisa di selesaikan.

Sekarang masuk kedalam reff dari lagu ini. Hal yang paling mimin suka saat menyanyikannya jika berduet dengan si doi. Yah malah curhat, tapi bukannya membahas yang kadang kala di sisipin ketidak seriusan itu mengasyikkan? Mari kita ungkap apa yang terdapat di balik reffnya! :D




Malam jangan berlalu
Jangan datang dulu terang

Latar waktu yang dimaksudkan adalah malam hari, sudah jelas di paparkan pada bait pertama di bagian reff ini. Mereka berharap agar mala tak meninggalkan mereka. Mereka tidak ingin waktu hilang begitu saja.

Telah lama ku tunggu
Kuingin berdua denganmu

Mereka telah menunggu waktu seperti ini akan terjadi. Maka dari itu, mereka tidak ingin kehilangan waktu berdua yang seperti itu. Waktu dimana mereka dapat asyik berbincang tanpa diganggu dengan suatu masalah yang sebenarnya ada di balik itu semua.

Biar pagi datang setelah aku memanggil
Terang..

Berharap waktu dapat di atur sedemikian rupa agar tidak mengganggu pertemuan mereka. Haha, hal ini sangat membuktikan bahwa mereka sangat menikmati pertemuannya kali ini, tidak ingin kehilangan waktu berduaan karena mungkin di esok harinya ada berbagai acara yang tidak mempertemukan mereka berdua. Atau bisa saja salah satu di antaranya akan pergi jauh, bisa karena kerjaan atau memang waktu untuk bernapas di dunia sudah dirasa tidak memungkinkan lagi (ini cuma perkiraan loh, maaf jika menyinggung kamu, tidak ada maksud sama sekali untuk itu).

Aihh. pencuri kau
Terang..

Yah, pada bait ini menceritakan tentang kekesalan yang teramat sangat untuk si matahari karena telah mencuri waktu pertemuannya. Mereka berkencan sampai pagi hari, wow…

Walaupun lagu ini dibawakan dengan duet bersama wanita, yaitu bersama Ichamalia, tapi aku rasa lagu ini sebenarnya ditujukan hanya untuk satu orang, karena jika hanya dilihat dari satu sisi saja liriknya sangat masuk untuk menjelaskan bahwa salah satu dari seseorang di dalam lirik ini berharap keadaan seperti inilah yang seharusnya mereka butuhkan.

Keadaan penuh dengan kemesraan tanpa mengingat masalah yang terjadi. Keadaan yang penuh dengan  kebahagiaan tanpa ikut campur dari pihak manapun jika dikombinasikan dengan salah satu makna dari malam, yaitu kesunyian. Kesunyian yang ditemani oleh sang dambaan hati.





Lanjut! Sekarang Mimin akan utarakan makna lain lagi yang sangat berbeda nih di dalam lagu ini. Seperti pada lirik Selalu Muda yang pernah dibahas sebelumnya, mimin punya tafsir religi lagi dalam lagu ini. Karena bercerita tentang malam hampir pagi, mimin membayangkan ini adalah waktu-waktu di sekitar subuh.

Maaf ya untuk yang selain agama Islam jika mimin sangkutkan kedalam makna religious Islam. Pada waktu sepertiga malam ini adalah waktu yang terbaik untuk melakukan sholat tahajud. Yah, asyiknya curhat dengan sang Maha Pencipta dapat dilakukan dengan apapun. Entah itu dengan doa, dengan mengharap sesuatu seperti jodoh atau pekeraan, maupun dengan bercerita tentang keluhan hidup atau kebahagiaan dengan penuh rasa syukur.

Lagu ini seperti mengajak kita untuk mencurahkan segala masalah di dalam hidup kita dengan sholat tahajud. Di mana waktu tersebut masih bias dikata sunyi, belum bising seperti siang hari, jadi kita bias fokus untuk mengutarakan harapan atau bercerita tentang apapun.

Seperti pada bait yang berbunyi “Sementara ku sibuk menerka, apa yang ada di pikiranmu”. Biasanya kata-kata tersebut jika di sisipkan di dalam doa adalah seperti ini, ”Ya Tuhan, apakah aku bisa…, apakah engkau mengijinkan ku untuk… ” ya semacam permohonan yang penuh dengan pertimbangan sih. Bukan makna sebenarnya loh ya, tapi makna yang tersirat di dalam bait tersebut.

Itulah dua sudut pandang yang mimin dapatkan dar lagu ini. Apakah kalian menemukan makna lain dari lagu ini? Mari kita bahas untuk mencapai titik kesempurnaan di dalam mencari sebuah makna pada kolom komentar di bawah ini. Kalian juga bisa request lagu lain untuk di analisis atau menyampaikan kritik dan saran. Terimakasih sudah ikut serta untuk suport blog sederhana ini. :)




Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
6 February 2019 at 02:44 ×

Menarik sekali artikelnya gan..
sangat bermanfaat bagi saya yang membutuhkan..
anime romance

Reply
avatar
Unknown
admin
19 May 2019 at 04:33 ×

Lagu fav banget ini...
Kak kalo akad dari sudut kakak gimana ya?

Reply
avatar
Terimakasih atas kunjungannya, Salam #SobatJoa!