Makna Lirik Lagu Indie Nadin Amizah

Makna Sebenarnya dari Lirik Lagu Danilla - Renjana


Halo Sobatjoa dimanapun kalian berada, kali ini mimin kembali menganalisis sebuah lagu yang mimin favoritkan pada akhir pekan ini. Apakah kamu juga menyukai lagu ini dan penasaran dengan makna yang tersirat di dalamnya? Mari kita amati bersama, jika ada yang kurang setuju atau ingin ditambahkan, silahkan saja tulis di kolom komentar. Kembali mengingat, bahwa setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda-beda, maka dari itu kemungkinan besar setiap orang memliki tafsir yang berbeda-beda tergantung dari tingkat pengalaman dan pengetahuan yang ia dapatkan. Mari kita temukan makna yang sebenarnya dari lirik lagu Danilla yang keren ini!

Bahan yang mimin pakai adalah salah satu lirik lagu dari musisi cantik yang dimiliki oleh bumi pertiwi, siapa lagi kalau bukan Danilla Riyadi. Si Riyadi ini, eh, Danilla ini selalu menyuguhkan karya yang bisa dikata sukar untuk bisa dicerna secara langsung. Musik indie di Indonesia memanglah sangat keren dan menawan jika kita kenal, maka dari itu mimin lebih suka menganalisis lagu dari musik indie daripada musik berlabel. Hehe, tapi kalau keren mungkin nantinya akan mimin analisis juga kok, kasih saran dan dukung blog sederhana ane ini terus ya makannya :D

Okey, daripada promosi terus mending langsung aja ke topik inti dari judul artikel ini. Namun lebih afdolnya jika kita simak lirik lagunya terlebih dahulu, ini dia sob!






Petang tenang
Dibalut asmara semseta
Jangan hilang
Jangan sudahi kencan kita

Mengapa diri mendayu
Suaramu..
Mengawang-awang
Saat mataku terpejam
Engkau merayu..
Ke mana lagi ku cari
Nikmat duniawi

Ini renjana..
Bermekaran..

===============




Gimana sob, udah dapat gambaran kan? Mesti kesannya romantis banget gitu saat pertama dengerin lagunya, atau malah terkesan horor? Haha, enggak enggak.. maaf mbak Danill, bercanda kok :D

Selain lirik lagunya, kalau kamu ingin menyanyikannya dengan iringan gitar dari tanganmu sendiri kamu bisa melihat di sini => Chord / Kunci Gitar Danilla - Renjana. Okey, seperti biasanya, kita analisis bait demi bait agar kita mampu menyimpulkan dari sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bulshit. Bercanda lagi loh ini, ini bukan kebohongan, maafin mimin :(




Petang tenang
Dibalut asmara semseta

Pada bagian pertama ini, menjelaskan tentang latar waktu. Menurut KBBI, petang berarti waktu setelah tengah hari, kira-kira pukul tiga sampai matahari terbenam. Yah, bisa di bilang sore lah. Sore adalah waktu romantis selain malam untuk bermesraan (tidak selalu negatif loh). Di sini menceritakan tentang satu pasangan manusia yang sedang berduaan menikmati sebuah sore, bisa dikatakan senja mungkin. Karena penyanyinya wanita, jadi pada bagian ini mimin membayangkan sepasang kekasih yang sedang berada di sebuah tempat, dan si wanita dari pasangan ini sedang tiduran di paha pasangannya. Dua makhluk ini saling kasmaran, seperti merasa dunia milik berdua mungkin :D

Jangan hilang
Jangan sudahi kencan kita

Jangan hilang memiliki makna ingin memiliki sepenuhnya. Tak rela melepas sebuah hilang untuk menjauhinya. Malah makin berat kata-katanya, haha. Begini maksudnya, mereka tidak ingin kehilangan waktu bersama. Tidak ingin melepas sebuah kebersamaan yang sedang terjadi di antara mereka. Mungkin, ini bisa di rasakan dengan maksimal oleh pasangan yang LDR. Jarang ketemu, ketemu sekali gak ingin pergi lagi.

Mengapa diri mendayu

Mendayu berarti berbunyi sayup-sayup. Sayup berarti hampir cukup, atau kurang sedikit cukup, berarti belum cukup kan? Pada saat ini salah satu pasangan merasakan bahwa dirinya belum merasakan puncak dari kerinduannya, masih ada yang mengganjal di lubuk hatinya, entah apapun itu.





Suaramu..
Mengawang-awang

Suara dari pasangannya masuk ke benaknya dan tidak akan pergi begitu saja, pertemuan kala itu sangat mengena dan sulit di lupakan. Mimin membayangkan, si pria melakukan hal yang sangat romantis untuk wanitanya dipertemuan kali ini. Mungkin dengan menyanyikan sebuah lagu romantis, atau membacakan puisi yang sangat amat romantis.

Saat mataku terpejam
Engkau merayu..

Melanjutkan bayangan mimin yang tadi dan penjelasan pada bait sebelum ini, di sini mimin membayangkan saat si wanita tiduran terpejam menikmati kebersamaan di paha si pria, beberapa puisi atau gombalan bertubi-tubi dilontarkan oleh si pria sehingga menciptakan sebuah suasana yang sangat indah.

Ke mana lagi ku cari
Nikmat duniawi

Pada saat ini, sang wanita merasa sangat bersyukur telah menemukan pasangan yang menurutnya sangat tepat dan sangat diharapkannya. Sang wanita sangat bahagia bersama prianya.

Ini renjana..
Bermekaran..

Menurut KBBI, renjana merupakan rasa hati yang kuat. Rasa hati yang tepat pada kondisi seperti ini adalah rasa cinta. Rasa cinta pada sepasang kekasih ini bermekaran seperti bunga yang sedang berada pada titik terbahagianya. Seperti yang kita tau, keindahan dari sebuah tanaman adalah ketika ia berbunga.

Di sini mimin merasa sangat bangga dengan salah satu musisi ini. Ia mampu memilih diksi yang sangat super untuk sebuah karya musik yang sudah jarang kita temui di musik negeri kita ini. Bahasa sastra yang seperti inilah yang mampu membuat otak kita bekerja, tidak hanya menikmati, namun juga berpikir. Karya-karya seperti inilah yang mampu membuat kita cerdas, semoga musisi seperti ini semakin bermekaran di negeri kita ini :D

Yah, ini cuma bayangan mimin kok, tidak harus sang wanita, sang pria juga bisa merasakan kebahagiaan seperti ini. Walau sebenarnya maksud yang Mbak Danilla utarakan melalui lagu ini adalah rasa cinta dan kagumnya terhadap alam. Tapi mimin dalam menganalisis lirik lagu ini memilih menggunakan sudut pandang sebuah kemesraan antara satu pasangan yang sedang kasmaran. :D

Okey, jika kalian mempunyai saran lagu atau ingin menyangkal pendapat mimin di atas, silahkan ungkapkan di kolom komentar di bawah ini. Mari kita ungkap fakta di balik lirik yang masih terpendam!!!




Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
5 February 2019 at 18:52 ×

wah makasih banyak informasinya sangat membantu saya kebetulan sedang mencarinya
anime romance terbaik

Congrats bro anime terbaik you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Terimakasih atas kunjungannya, Salam #SobatJoa!