Makna Lirik Lagu Indie Nadin Amizah

Makna Sebenarnya dari Lirik Lagu Fourtwnty – Zona nyaman


Kemarin ada yang menyarankan mimin untuk menganalisis lagu dari Fourtwnty, padahal mimin belum begitu kenal dengan band indie yang satu ini. Lalu browsing-browsing dah, dan nemu salah satu lagunya di youtube. Setelah mimin dengerin, ternyata pernah denger nih.Ternyata memang salah satu dari Ost. Filosofi Kopi 2: Ben & Jody. Pantesan pernah denger, filmnya keren bener soalnya.

Salah satu judul lagu yang menarik buat mimin adalah yang berjudul Zona Nyaman. Apa kalaian pernah dengar? Lagunya endes banget loh sob, pasti akan nyaman di telingamu jika diputar. Sebelum kita analisis, lebih baik kita baca dulu yah liriknya. Berikut adalah liriknya sob!





Lirik Lagu Fourtwnty – Zona nyaman

Pagi ke pagi ku terjebak di dalam ambisi
Seperti orang - orang berdasi yang gila materi
Rasa.. bosan..
Membukakan jalan mencari peran
Keluarlah dari zona nyaman

Waktu ke waktu perlahan kurakit egoku
Merangkul orang - orang yang mulai sejiwa denganku
Ke - BM - an membuka jalan mencari teman
Bergeraklah dari zona nyaman

Diam dan mati milik dia yang tak bisa berdiri
Berdiri
Diam dan mati milik dia yang tak bisa berdiri
Berdiri dikakinya sendiri

Reff:
Sembilu yang dulu biarlah berlalu
Bekerja bersama hati
Kita ini insan Bukan seekor sapi

Sembilu yang dulu biarlah membiru
Berkarya bersama hati

Tanamkan pesanku agar tak keliru
Bekerja bersama hati





Yap, kita akan mulai dari bait pertama dan dilanjut dengan bait selanjutnya. Kita analisis pelan-pelan ya sob biar nemu makna atau arti lagunya mudah :D

Pagi ke pagi ku terjebak di dalam ambisi
Seperti orang - orang berdasi yang gila materi

Pagi ke pagi di sini sepertinya pencipta lagu menceritakan tentang hari demi hari. Ambisi merupakan suatu keinginan yang besar untuk mencapai atau menjadi sesuatu. Berarti pada bait pertama ini pencipta menceritakan tentang kebiasaaan dalam keseharian yang selalu mengejar sesuatu dengan keinginan yang kuat, bisa dikatakan pekerjaan sih :D

Ambisi tersebut seakan-akan bisa disamakan dengan beberapa petinggi negara yang selalu giat untuk mencari uang. Bagai mana cara mereka mencari uang tambahan? Biasanya sih meghalalkan segala cara untuk mendapatkannya sih, walaupun tidak semua pejabat memiliki sifat ketikusan ini.

Rasa.. bosan..
Membukakan jalan mencari peran
Keluarlah dari zona nyaman

Terkadang terlalu berambisi untuk sesuatu itu akan menciptakan rasa bosan karena hanya berputar-putar di daerah situ aja, tidak bisa berganti suasana atau lebih dari itu. Ada yang bilang kalau cita-cita itu hanya akan menghambat kita untuk jadi lebih dari itu, walau banyak yang gak setuju sih, tapi menurut mimin bener. Coba deh dipiirin lagi, hehe.

Rasa bosan itu menciptakan pertanyaan, apakah aku hanya bisa seperti ini? Apa aku tidak bisa menjadi lebih dari ini? Untuk itu, mencari peran di sini dimaksudkan mencari jati diri yang sebenarnya. Memaksa diri untuk keluar dari kebiasaan yang selalu kita lakukan, agar kita bisa mencoba hal baru lain. Tidak menyerah pada kenyamanan yang hanya akan mengunci diri dari pengalaman dan semangat akan hal baru yang lebih baik lagi.





Waktu ke waktu perlahan kurakit egoku
Merangkul orang - orang yang mulai sejiwa denganku

Seiring berjalannya waktu, rasa individualitas kita harusnya bisa kita kuasai agar kita tidak terlalu memikirkan ambisi untuk sesuatu. Jika tujuan bekerja hanyalah uang, sepertinya kita hanya akan membuang-buang waktu kita saja deh. Coba deh kalian pikir, ketika kita hanya memikirkan uang, kita tidak akan menikmati pekerjaan kita. Kita tidak akan merasa nyaman dengan sesuatu yang sedang kita geluti karena hanya memikirkan hasil, bukan menikmati proses. Hal seperti ini harus kita bagikan agar orang-orang diluar sana juga bisa menemukan tingkat kenyamanan di dalam pekerjaannya.

Ke - BM - an membuka jalan mencari teman
Bergeraklah dari zona nyaman

Pertama bingung sih, apa sih arti BM yang ada di dalam liriknya ini? Apakah sebenarnya BBM? Atau memiliki makna lain? Ternyata iya, setelah berselancar di internet untuk mencari sebuah arti, akhirnya ketemu juga. Ternyata BM merupakan singkatan dari banyak maunya. Jika kita berada di suatu pekerjaan yang memiliki banyak peraturan, kita tidak bisa mengksplor diri dari banyaknya kemauan yang kita miliki. Kesibukan kita ya hanya itu-itu saja, teman kita ya hanya itu-itu saja, kita tidak bebas untuk melakukan sesuatu. Yah, walau ada beberapa manusia yang nyaman dengan cara di atur-atur sih, namun tidak semuanya juga seperti itu.

Kembali lagi si pencipta lirik mengkampanyekan untuk tidak berdekat-dekat dengan zona nyaman. Sebenarnya, zona nyaman itu apa sih? Menurut mimin sih, zona nyaman merupakan suatu kebiasaan yang terjadi di setiap harinya. Untuk mengeksplor diri, jika kita hanya berdiam diri di satu tempat maka tidak akan pernah terwujud. Kita hanya bisa itu-itu aja tanpa ada perubahan yang signifikan. Bukannya hidup yang baik itu presentasenya harus selalu meningkat?

Sekarang kita tiba pada jantung lagu, yaitu bagian reff-nya. Yup, mari kita tuntaskan sekarang juga!





Sembilu yang dulu biarlah berlalu
Bekerja bersama hati, kita ini insan bukan seekor sapi

Sembilu menurut KBBI adalah kulit buluh yang tajam seperti pisau, kata turunannya adalah sembiluan, yang berarti pedih. Rasa pedih yang sudah terjadi dikarenakan tekanan di dalam pekerjaan atau rutinitas keseharian, jika terus dipikirkan hanya akan menjadi beban. Terkadang kita harus berbenah diri untuk tidak hanya memikirkan omongan orang lain saja. Apa enknya sih hidup di dalam omongan orang lain? Lebih baik di pikirkan, jika omongan orang lain itu benar, gunakanlah untuk berbenah, jika omongan orang lain salah, ya cuekin aja.

Terkadang ada beberapa pimpinan pekerjaan yang dengan seenaknya sendiri mempekerjakan manusia tanpa memikirkan batas kemampuan yang dimiliki olah manusia itu sendiri. Pekerjaan berat tidak menjamin upah yang tinggi. Namun, kebutuhan ekonomi yang selalu harus di penuhi memaksa seseorang untuk tetap bekerja di suatu bidang yang belum tentu ia gemari. Yah, seperti seekor binatang ternak, yang dipaksa untuk bekerja semaksimal mungkin tanpa memikirkan kenyamanan dan kemampuan yang dimiliki.

Sembilu yang dulu biarlah membiru
Berkarya bersama hati, kita ini insan bukan seekor sapi

Lirik yang hampir serupa ada pada bait reff selanjutnya. Menurut mimin, membiru itu seperti melebam. Yah, jika memiliki suatu luka jika kita tidak memikirkannya pasti tidak akan merasakannya. Biarkanlan, waktu yang akan memulihkannya sendiri tanpa harus kita pikirkan secara terus menerus. Bekerja dan bekarya merupakan suatu proses untuk menghasilkan suatu produk. Jika proses tersebut dilakukan dengan hati, maka akan menemukan suatu kenyamanan tersendiri. Bukan dengan memaksaan hati untuk bekerja maupun berkarya yang tidak disukai.

Tanamkan pesanku agar tak keliru
Bekerja bersama hati

Makna dari lagu ini pasti akan berbeda-beda, karena seseorang bisa memiliki sudut pandang yang berbeda saat menganalisis sebuah karya atau peristiwa. Semua itu tergantung dengan tingkat pengalaman yang pengetahuan yang ia miliki. Pesan dari lagu ini adalah “Bekerja bersama hati”, simple kan?

Namun, karena pengalaman dan pengetahuan mimin masih bisa dikatakan rendah, akhirnya Cuma bisa menghasilkan interpretasi yang seadanya seperti ini. Hehe, jika kamu mempunyai pendapat atau analisis yang berbeda, silahkan tulis di kolom komentar. Nanti akan mimin poting jika kita menemukan titik tengah, semua itu dilakukan untuk menmukan makna yang sejatinya bukan? Mari bekerja dan berkarya bersama hati :)

Previous
Next Post »
Terimakasih atas kunjungannya, Salam #SobatJoa!